Analisa Bisnis Bakso Untuk Membantu Usaha Bakso Anda

Analisa Bisnis Bakso

Analisa Bisnis Bakso Untuk Membantu Usaha Bakso Anda – Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang enak. Rasa dari bakso sendiri dikenal memiliki rasa yang gurih dan lezat. Ciri khas dari sajiannya selalu disajikan dengan tahu, gorengan, mie atau siomay dengan sambal pedas yang ditaburi daun seledri atau bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan rasa saat memakannya sering ditambahkan sambal, kecap atau sambal. Membayangkan saja rasanya, tentu saja anda akan tergiurkan.

Tingginya jumlah peminat bakso di tanah air membuat celah bisnis bakso semakin terbuka lebar. Bisnis bakso saat ini hidup dan selalu tumbuh dan berkembang menjadi bisnis besar yang melibatkan banyak orang. Prospek bisnis bakso di tahun ini masih sangat cerah dan memiliki peluang yang bagus bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis ini. Sebagai ilustrasi, coba perhatikan lingkungan sekitar rumah atau jalan raya yang ramai dengan kendaraan. Tentu mudah menemukan pebisnis bakso yang menjanjikan baksonya kepada pelanggan. Karena bisnis bakso ini memang peminatnya sangat tinggi, tentunya mereka yang terjun langsung ke bisnis bakso tidak perlu khawatir jika penjual baksonya tidak laku.

Meski begitu, tentunya Anda juga harus menonjolkan bakso dengan rasa yang khas dan harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Jika Anda tertarik dengan kuliner bakso yang disukai banyak orang. Proses pembuatan bakso juga tidak terlalu rumit karena bahan mentahnya yang mudah ditemukan dan dengan membuka tempat makan bakso banyak diminati oleh banyak orang. Di negara indonesia terdapat berbagai macam jenis-jenis bakso yang unik. Jenis yang paling umum adalah bakso dengan serat halus, bakso urat dengan serat daging kasar, dan bakso telur. sedikit demi sedikit dari daging sapi, bahan untuk membuat bakso bisa juga menggunakan ikan, udang, ayam dan lain-lain.

Analisa Bisnis Bakso

Berikut adalah Analisa Bisnis Bakso yang telah dirangkum sedemikian rupa.

Penggunaan Bahan Baku

Memulai bisnis bakso tentunya Anda perlu memproduksi bakso sendiri. Selain hemat modal, kualitas dan juga bisa menyesuaikan rasa bakso sesuai keinginan konsumen. Bakso buatan sendiri jelas merupakan ciri khas tempat makan bakso Anda yang berbeda dan tidak ada di stan bakso lainnya.

Memproduksi bakso dengan variasi warna-warni merupakan salah satu cara agar pembeli tidak bosan, namun ada juga pelaku usaha bakso yang hanya menjajakan satu jenis bakso. Masalahnya adalah untuk menghasilkan karakteristik tertentu. Jadi, ketika klien ingin makan bakso, Anda akan mengingatkannya kembali dengan lancar.

Lokasi Usaha

Bisnis bakso memang sangat mudah ditemukan di tempat-tempat yang penuh keramaian, Anda bisa menjajakan bakso di sekitar rumah, di lingkungan yang kompleks, di pasar kota, di pusat kota besar, di tempat wisata, di persimpangan jalan, di seminar, di universitas dan di tempat lain. Mengingat persaingan bisnis yang ketat, Anda juga harus pintar-pintar memilih posisi bisnis yang strategis dengan banyak orang sibuk.

Peralatan Usaha

Perlengkapan yang dibutuhkan saat membuka usaha bakso adalah seperti gerobak atau etalase yang digunakan untuk menyimpan bakso mentah serta bahan-bahan lainnya, peralatan memasak seperti tabung gas, panci, panci besar, sendok sayur besar dan juga alat yang digunakan untuk makan seperti mangkuk, sendok dan sendok, dan gelas. Tak lupa juga diberikan meja, kursi agar pelanggan dapat makan bakso dengan nyaman.

Karyawan

Menjalankan usaha bakso jelas dilakukan dengan bantuan orang lain atau pekerja, jika hanya berbisnis sendiri tentunya anda akan kewalahan. Namun tentunya merekrut tenaga kerja adalah pilihan yang tepat untuk membantu menjalankan operasional usaha anda, Jika bisnis anda tumbuh menjadi lebih ramai dengan banyak pelanggan. Sebaiknya pilih pekerja yang memiliki minat kerja tinggi dan lebih gesit dalam melayani tamu dengan pelayanan yang baik. Bagaimanapun, pekerja adalah faktor penentu utama keberhasilan bisnis bakso Anda. Mengenai kisaran pembayaran pekerja dengan gaji tahunan antara Rp.500.000 – Rp.1.000.000.

Pemasaran Bisnis

Menjalankan bisnis bakso juga membutuhkan strategi pemasaran atau kreasi yang berguna untuk meningkatkan dan menambahkan kuantum pendapatan. Sistem pemasaran berguna untuk kemajuan dan keberhasilan usaha bakso. Langkah pemasaran ini dapat anda lakukan dengan memasang sepanduk pada tempat anda usaha bakso. Biaya yang digunakan untuk membuat spanduk umumnya dihitung berdasarkan ukuran spanduk yang dibuat. Untuk spanduk besar, biayanya sekitar Rp.300.000. Selain cara memasang spanduk, Anda juga bisa membuat poster dengan konten yang menarik dan menyebarkannya ke tempat-tempat ramai yang banyak orang, seperti di persimpangan jalan, di universitas, di seminar, di pusat perbelanjaan dan lain-lain. Selain sistem ini, Anda juga dapat memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter atau bisa lewat bbm, whatsapp, we chat dan lain-lain.

Harga Bakso

Di semangkuk bakso ini terdapat variasi harga yang berbeda-beda, dari harga murah dan mahal untuk kisaran harga bakso, umumnya dari Rp.10.000 – Rp.100.000. Semakin beragam isi atau jenis bakso yang ditawarkan, semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa bakso yang memiliki merek ternama memang bisa mematok harga bakso dengan kisaran harga semangkuk hingga ratusan ribu rupiah.

Kendala Usaha

Bisnis bakso merupakan salah satu jenis bisnis makanan yang rawan akan masalah. Banyak orang membicarakan pedagang bakso yang menggunakan daging tikus, babi atau memang yang menggunakan bahan pengental dan pengawet bakso yang menggunakan formalin dan boraks. Namun, tentunya isu yang beredar ini juga dapat menyebabkan penurunan perkembangan transaksi yang dapat menimbulkan kerugian, jika tidak segera ditangani. Cara mengantisipasinya dapat dilakukan dengan memberikan informasi dan menunjukkan bagaimana bakso Anda diproduksi. Atau Anda juga bisa menambahkan spidol di spanduk bakso Anda dengan 100 daging sapi asli, atau halal dan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.